Install dan begin yii framework

Berikut akan saya beri jelaskan step awal menggunakan yii framework untuk membuat sebuah website. Penjelasan mengenai yii framework sendiri bisa  anda lihat disini.

Pertama-tama silahkan download yii framework yang sudah anda download dari website yii yg ada pada link di atas. Lalu ekstrak hasil ny dan pindahkan ke dalam folder web server anda (C:/wamp/www) jika anda menggunakan WAMP server. Yah, anda sudah berhasil melakukan installasi yii framework..

Berikut ny kita akan coba membuat aplikasi web dengan menggunakan yii framework. Buka command prompt anda (start-all program-accesories-command prompt)

Baris perintah membuat aplikasi web dengan yii

perintah  “cd c:\wamp\www ” digunakan untuk change directory ke folder web server anda, ini disusaikan dengan web folder web server anda masing-masing..

perintah “yii\framework\yiic webapp sabithuraira” perintah untuk membuat aplikasi web anda

“yii” adalah nama folder yii anda yang sudah anda download dari website yii.

“sabithuraira” adalah nama aplikasi web yang mau anda buat

Setelah itu buka browser anda, masuk ke localhost. Yah, sudah ada sebuah aplikasi web bernama “sabithuraira” dsana. Silahkan anda klik aplikasi yang sudah anda buat tadi di browser anda, dan akan terlihat hasil seperti berikut:

Selamat mencoba…

Saya bukanlah seorang master, hanya seorang pelajar yg mencoba sharing isi kepalanya..

Jika ada kesalahan dari yg saya buat, mohon koreksi…

Semoga membantu…

3 Responses to Install dan begin yii framework

  1. aab says:

    Mau nanya ni, sy bikin app pake Yii kok gagal terus ya?

    Gagalnya begini,
    c:\wamp\www>yii\framework\yiic webapp built
    ‘”php.exe”‘ is not recognized as an internal or external command,
    operable program or batch file.

    Ini kenapa ya? Trmksh.

  2. coba agan search aja pesen error nya di blog ini gan.. pasti ketemu solusi nya..

  3. aab says:

    eh ada to. trims ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: