Make yii easy with gii

Ada cara instan membuat model, view, dan controller, form, dan module pada yii framework. Yaitu menggunakan gii yang sudah disediakan oleh yii framework. Kenapa gii bisa mempermudah? karena dengan gii dapat menggenerate secara otomatis baris-baris code yang ingin anda buat. Jadi ga perlu repot-repot kerja keras ngetikin baris code satu persatu… Anda cukup tentukan apa yang ingin anda buat, dan code akan dibuat otomatis oleh yii framework.. Menarik bukan??   Berikut cara penggunaanya..

Buka folder aplikasi anda, lalu pilih  protected\config\main.php.

/*
‘gii’=>array(

‘class’=>’system.gii.GiiModule’,

‘password’=>’Enter Your Password Here’,

// If removed, Gii defaults to localhost only. Edit carefully to taste.

‘ipFilters’=>array(‘127.0.0.1′,’::1′),

),

*/

Di dalam main.php anda akan menemukan code berikut:

Hilangkan tanda “/*” dan tanda “*/” yang ada di antara code tersebut.  Ganti kata-kata ‘Enter Your Password Here’ dengan password yang anda inginkan. Stelah itu ketikkan url berikut pada browser anda :

http://localhost/sabithuraira/index.php?r=gii    **sabithuraira bisa anda ganti sesuai nama aplikasi web anda.

Masukkan password yang sudah anda set di main.php tadi.

Selesai, anda tinggal memilih apa yang ingin anda buat model, module, form, controller, atau operasi CRUD(Create, Read, Update, dan Delete). Dengan menggunakan gii, semua code yang kita inginkan akan di generate secara otomatis…

Selanjutnya saya akan bahas mengenai cara menghubungkan database dan membuat operasi CRUD pada yii…

Saya bukanlah seorang master, hanya seorang pelajar yg mencoba sharing isi kepalanya..

Jika ada kesalahan dari yg saya buat, mohon koreksi…

Semoga membantu…

5 Responses to Make yii easy with gii

  1. Pingback: Membuat operasi CRUD pada yii « Sabitlabscode

  2. everlastie says:

    abis bikin crud, w coba untuk create tapi muncul error spt ini:
    CDbCommand failed to execute the SQL statement: SQLSTATE[22P02]: Invalid text representation: 7 ERROR: array value must start with “{” or dimension information
    mohon pencerahannya🙂 maklum masi newbie

  3. itu crud nya udah di otak-atik ga gan?
    pake database apa agan?

  4. deny says:

    gan ada contoh sistem informasi kepegawaian make yii gak? baru nyobain nih buat tugas akhir makasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: