[Yii Framework] Otak-Atik CGridView, Menambahkan Link

Berikut cara menambahkan link pada CGridView:

Misal awal ny kita punya CGridView seperti berikut:

<?php $this->widget('zii.widgets.grid.CGridView', array(
	'id'=>'namatabel-grid',
	'dataProvider'=>$model->search(),
	'filter'=>$model,
	'columns'=>array(
		'attribut1',
		'attribut2',
		'attribut3',
	),
)); ?>

Lalu kita ingin membuat “attribut3” menjadi sebuah link yang jika di klik akan mengarah ke sebuah link. Maka anda ubah code di atas seperti berikut:

<?php $this->widget('zii.widgets.grid.CGridView', array(
	'id'=>'namatabel-grid',
	'dataProvider'=>$model->search(),
	'filter'=>$model,
	'columns'=>array(
		'attribut1',
		'attribut2',
		array(
			'name'=>'Nama Attribut',
			'type'=>'raw',
			'value'=>'Chtml::link('tulisan yang akan tampil',array(\'namaModel/namaAction\',\'id\'=>$data->attribut3))',
		),
	),
)); ?>

Jika code anda sudah benar, maka dia akan menampilkan link pada attribut tersebut..

Selesai.. Selamat mencoba..

Semoga membantu…😀


		

4 Responses to [Yii Framework] Otak-Atik CGridView, Menambahkan Link

  1. maaf ni gan..
    saya coba yg diatas, tapi muncul error :
    syntax error, unexpected T_STRING, expecting ‘)’
    padahal code diatas saya copy paste doang.

  2. sabitzhabit says:

    mungkin salahnya di code ini gan:
    ‘value’=>’Chtml::link(‘tulisan yang akan tampil’,array(\’namaModel/namaAction\’,\’id\’=>$data->attribut3))’,

    rubah aja jadi kek gini:
    ‘value’=>’Chtml::link(“tulisan yang akan tampil”,array(\’namaModel/namaAction\’,\’id\’=>$data->attribut3))’,

    itu berrti ada kesalahan penulisan coding gan.. saran saya jangan di copas aja gan, di pahami dulu trus d ketik ulang.. cz code yg saya paparkan juga langsung saya copas dari code saya yg uda berhasil jalan, tapi saya ubah2 juga yg tulisan2 nya biar mudah di pahami.. tapi saya juga ga tahu lo klo ada kesalahan saat saya copas nya..

  3. akbar says:

    gan cara ubah tulusan go to page di grid ge mana ya?
    mf masih new bie

  4. coba searching aja tentag “summaryText” di cgridview gan..

    Kunjungi Juga Farifam.com untuk tutorial dan forum Yii Framework yang direspon lebih cepat dari di blog ini..

Leave a Reply

