[MongoDB] Integrasi MongoDB pada PHP

Akhir-akhir ini di dunia IT telah populer  konsep NoSQL untuk urusan simpan menyimpan data pada database. Apalagi banyak pemain besar di dunia IT seperti Facebook, Twitter, foursquare, dll telah menggunakan NoSQL untuk penyimpanan data mereka sehingga membuat banyak orang penasaran akan noSQL.. yah, termasuk saya.. Walau sedikit, udah mulai oprek-oprek tentang mongodb.. Yah, hingga sekarang sejujurnya masih cukup bingung dan belum menemukan kenyamanan di dalamnya (udah kebiasaan pake SQL mungkin). Tapi ga ada salahnya saya share apa yang sudah pernah saya pelajari.. yaitu mengintegrasikan MongoDb pada PHP..

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menginstal mongodb terlebih dahulu di computer kita.. Pertama silahkan download mongoDB di http://www.mongodb.org/. Setelah anda selesai mendownload nya, ekstrak file nya dan silahkan lakukan proses instalasi dengan mengikuti step-step pada dokumentasi mongodb di http://docs.mongodb.org/manual/installation/. Karena saya menggunakannya pada windows, saya mengikuti tutorialnya di http://www.mongodb.org/display/DOCS/Quickstart+Windows. Dari dokumentasinya, anda dapat menjalankan mongodb dengan memilih sebuah file yang terdapat pada hasil downloadan tadi yaitu file bernama “mongod.exe”. Setelah sudah jalan, anda dapat otak-atik mongodb anda dengan script command dengan memilih file “mongo.exe” dahulu sebelumnya.. Okeh, saya anggap sudah berhasil..

Setelah itu saya ingin menjalankan agar mongodb dapat diakses dari aplikasi PHP saya.. Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menginstal driver mongoDB untuk PHP..  Anda dapat ikuti tutorial disini : http://www.mongodb.org/display/DOCS/PHP+Language+Center. Saya sendiri akan menerangkan cara instalasi pada windows.. Sebenarnya sama dengan cara menginstal extension-extension PHP lainnya.. Pertama download terlebih dahulu driver nya pada link yang ada di atas. Setelah itu pindahkan file “php_mongo.dll” pada direktori server anda. Saya menggunakan Wamp server biasa direktorinya di “C:\wamp\bin\php\php5.3.5\ext”, jika anda menggunakan server lain silahkan sesuaikan path nya di server masing-masing.. Kemudian pada file php.ini tambahkan code berikut : “extension=php_mongo.dll”. Itu digunakan untuk mengaktifkan driver mongoDb pada server kita agar dapat dijalankan PHP. Selesai…

Restart server anda.. jika telah terinstal, maka saat membuat localhost, akan muncul tampilan wamp server seperti ini :

Anda dapat lihat pada list-list extensions terdapat sebuah extension dengan tulisan “mongo”. Nah, jika sudah berhasil itu artinya anda sudah dapat menjalankan mongodb pada PHP..

Agar lebih user friendly digunkan, kita dapat menggunakan AdminUi, yah mungkin sejenis phpMyAdmin atau pgAdmin nya postgresql.. Ada banyak admin UI di mongodb, berikut listnya http://www.mongodb.org/display/DOCS/Admin+UIs. Saya sendiri sudah coba beberapa, kalo yang berbasis web cukup nyaman menggunkana rockmongo.. http://rockmongo.com/.

Yah, bagaimana tertarik? saya sendiri baru mencicipi dasar-dasarnya saja.. Masih belum mendalami tahap “mengapa saya harus menggunakan mongodb”..  :) semoga ke depannya masih dapat menggali..

 

Bagi anda yang tertarik.. selamat mencoba..

Semoga membantu..🙂

One Response to [MongoDB] Integrasi MongoDB pada PHP

Leave a Reply

