Review Book “Yii Rapid Application Development”

7508OS

Beberapa waktu lalu saya diminta pack publishing untuk melakukan review pada buku yang mereka terbitkan berjudul “Yii Rapid Application Development”. Setelah mendapat kiriman buku ini dan membacanya, saya rasa ini adalah buku yang sangat bagus untuk mempelajari dan mendalami Yii Framework.  Mulai dari instalasi Yii Framework, database, membuat tampilan web untuk mobile, hingga membuat modul-modul pada Yii Framework semuanya lengkap dipaparkan di dalam buku ini. Berikut adalah masing-masing chapter dan bahasannya yang ada di dalam buku ini :

–          Chapter  1 : Develop a Comic Book Database

Chapter ini akan menuntun anda mulai dari installasi web server, installasi IDE netbeans dan beberapa pluginnya untuk mempermudah anda dalam  menuliskan code,instalasi Yii Framework, cara membuat aplikasi dengan Yii, hingga beberapa hal dasar yang perlu anda ketahui dalam mengembangkan sebuah aplikasi dengan Yii Framework.

–          Chapter 2 : Turn That DB into a Personal Mobile App

Chapter ini tidak kalah menarik dari chapter 1, pada chapter ini anda akan mempelajari bagaimana cara membuat website anda tampil maksimal ketika dibuka melalui aplikasi mobile. Dengan memahami bagian ini, anda diharapkan dapat membuat tampilan yang lebih menarik untuk pengunjung website anda yang mengggunakan mobile.

–          Chapter 3 : Access All Areas – Users And Logins

Disini anda akan mempelajari bagaimana cara membuat tabel untuk menampung akun user, pengelolaan akun user dan mengarahkan halaman login langsung ke database user. Disini anda juga akan belajar bagaimana menghubungkan tabel lain ke tabel user untuk mengetahui history dari suatu data.

–          Chapter 4 : Level Up ! Permission Levels

Pada chapter ini, anda akan belajar bagaimana mengatur permission level kepada masing-masing user yang ada di dalam database. Sebagai contoh anda ingin data A hanya bisa di akses oleh user dengan tipe admin, atau data B hanya bisa diakses oleh user dengan tipe “entry”, dan lain-lain.

–          Chapter 5 : Service Please – Integrating Service Data

Di dalam chapter ini, akan dijelaskan bagaimana cara memanfaatkan service atau API yang telah disediakan dari beberapa website pada aplikasi kita. Dengan memahami chapter ini, anda diharapkan dapat memanfaatkan layanan-layanan yang telah ada pada internet untuk memaksimalkan kinerja dari aplikasi anda.

–          Chapter 6 : It’s All A Game

Chapter ini sangat lah berbeda dengan bahasan-bahasan sebelumnya. Karena pada chapter ini kita akan mempelajari cara membuat game dengan menggunakan Yii Framework. Chapter ini sangatlah bagus untuk mengasah keterampilan logika anda.

–          Chapter 7 : Let It Work While You Sleep  – Reports And Job Queues

Salah satu bagian terpenting dalam suatu website adalah report dan job queues untuk memantau perkembangan suatu data. Pada chapter inilah anda akan mempelajari teknik-teknik membuat report dan menampilkannya dengan lebih user friendly kepada pengguna.

–          Chapter 8 : Extend Yourself – Make a Module for Reuse

Dalam membangun suatu website, sering kali kita membangun suatu modul yang sama secara berulang-ulang. Untuk itu dalam chapter ini, kita diajarkan untuk membuat suatu modul yang dapat kita gunakan sekaligus di beberapa aplikasi yang kita inginkan. Hal ini sendiri bertujuan untuk memaksimalkan pekerjaan kita.

Itulah dia sedikit review saya tentang buku ini. Jika anda berminat memperdalam Yii, tidak salah jika anda memilikinya untuk memperdalam pengetahuan anda.. Jika anda berminat, anda dapat melihat buku ini pada url berikut  ini : http://www.packtpub.com/yii-rapid-application-development-hotshot/book.

2 Responses to Review Book “Yii Rapid Application Development”

  1. imam says:

    adakah yang free donlot mas..?🙂
    btw, thanx atas receive gtalk-nya mas..berhubung masih newbie
    di dunia yii, maaf klo masih sering tanya-tanya🙂

  2. kalo ebook yii sejauh ini saya belum tau yang free mas..
    Kunjungi Juga Farifam.com untuk tutorial dan forum Yii Framework yang direspon lebih cepat dari di blog ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: