Membuat aplikasi Windows Phone Tanpa Baris Program

Akhirnya bisa menulis lagi…

Beberapa minggu yang lalu laptop saya rusak dan jadinya semua pekerjaan saya jadi terhambat termasuk membuat program. Sebenarnya di kantor saya ada computer tetapi karena Visual Studio 2013 membutuhkan spek computer yang cukup tinggi maka computer saya juga tidak bisa digunakan. Akhirnya saya sibuk dengan mbah google mencari bacaan-bacaan mengenai pemrograman Windows Phone. Ada sebuah artikel yang menarik yaitu membahas tentang compiler berbasis web yaitu Application Studio. Ternyata disini kita tinggal memilihi template dari aplikasi yang ingin kita gunakan dan kita cukup memilih tampilan yang ingin kita gunakan dan hanya mengubah isi dari halaman yang kita buat.

Syaratnya juga cukup gampang apalagi jika sudah memiliki accunt di windows phone developer cukup signin saja. Setelah kita sign in maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

 APW 14

Setelah masuk pilih tab Start New dan akan muncul halaman

APW 13

Silahkan pilih template yang sesuai dengan aplikasi yang sudah anda inginkan. Kali ini saya memilih Template Katalog dan pilih button create. Di bawah ini adalah tampilan default dari template Katalog. Terdapat 5 buah section, ini bisa anda hapus , tambah dan bisa juga anda hanya memodifikasi kontennya saja.

APW 12

Pada Text box App Title kita harus mengisi judul dari aplikasi yang akan kita buat. Setelah menentukan judul skr kita akan menentukan kira-kira section 1 apa yang akan kita isi. Untuk mengedit isinya cukup pilih edit pada section yang diinginkan.

APW11Di halaman ini kita cukup meneganti judul dari sectionnya dan mengubah setting Pages jika diinginkan dan untuk mengubah isi halaman cukup pilih Data tetapi ingat jika berpindah halaman anda akan selalu ditanyai apakah perubahan yang anda lakukan akan disimpan atau tidak. Untuk Data kita hanya perlu menulis text yang akan ditampilkan dan menambahkan gambar cukup kita Copy Paste.

Untuk section ke dua saya menggunakan Advanced section Collection.

Tahap 1. kita cukup menulis nama Collectionnya.

Tahap 2. Pilih Data configurasi, static resources kita hanya perlu menanamkan data di program sedangkan untuk dynamic data akan disimpan di cloud sehingga jika ada perubahan kita tidak perlu mengubah project cukup mengubah data di cloud.

Tahap 3. Pilih Create new agar kita bisa memilih tipe dari kolom yang akan kita buat. Pada tahap 3, kita cukup menulis nama kolom dan tipe data dari kolom tersebut bisa berupa text, gambar email atau nomor telpon dna lainnya. Silahkan tambahkan jumlah kolom sesuai kebutuhan.

Tahap 4. Setelah menentukan kolom data silahkan pilih Confirm.

APW10

Sekarang anda cukup memilih bentuk tampilannya dan memilih menu Data untuk mengisi Data dari koleksi anda. Setelah mengisi data, jangan lupa setting Page Bindingnya, silahkan pilih urutan kemunculan data. Kita bisa menyembunyikan beberapa data dan kita juga bisa menampilkan beberapa data.

Pada Advanced Section ada juga Menu, dan untuk pengaturannya sama dengan Collection.
Selamat Mencoba… J

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: