Membuat operasi CRUD pada yii

CRUD adalah operasi Create, read, update, dan delete pada database. Jadi tentu kita butuh database untuk menerapkan CRUD. Pertama-tama buatlah sebuat database pada phpmyadmin yg ada di webserver anda. Kemudian tambahkan table seperti berikut:

CREATE TABLE IF NOT EXISTS `coba` (
`id` int(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
`nama` varchar(30) NOT NULL,
`nama_pacar` varchar(30) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=1 ;

Setelah itu buka folder aplikasi anda, pilih protected–>config–>main.php

Berikan tag /* dan */ pada kode berikut:

‘db’=>array(
‘connectionString’ => ‘sqlite:’.dirname(__FILE__).’/../data/testdrive.db’,
),

Lalu hilangkan tag /* dan */ yang ada di antara code brikut:

‘db’=>array(
‘connectionString’ => ‘mysql:host=localhost;dbname=testdrive’,
’emulatePrepare’ => true,
‘username’ => ‘root’,
‘password’ => ”,
‘charset’ => ‘utf8’,
),

silahkan rubah beberapa code diatas:

  • dbname=’isi sesuai nama database yang akan digunakan’
  • username=’isi username pada database anda’
  • password=’jika database anda punya password, isi sesuai password anda’

Setelah itu buka menu gii(lihat tutor sebelumnya). Pilih menu “Model Generator”. Isi text “table name” sesuai dengan nama table yang ingin anda masukkan ke dalam operasi(pada contoh ini kita menggunakan table: “coba”). Klik “preview”, lalu klik “generate”. Setelah sukses membuat model, maka kita akan membuat operasi CRUD. Pilih menu “CRUD Generator” pada “model Class”, masukkan nama model yang sudah kita buat tadi(pada contoh ini namanya:”Coba”). Klik “preview”, lalu klik “generate”. Selesai..

Untuk mencoba apakah yg kita lakukan berhasil atau tidak, silahkan klik “webapp” yg ada di menu atas atau langsung ketik  url http://localhost/sabithuraira/index.php. Karena kita belum membuat form login, login dengan username:”admin” dan password:”admin”. Lalu masuk ke url : http://localhost/sabithuraira/index.php?r=coba. Dan silahkan lakukan operasi CRUD dengan memilih menu “Create coba”/”manage coba” yang ada di menu halaman tersebut….

Selamat mencoba…

Saya bukanlah seorang master, hanya seorang pelajar yg mencoba sharing isi kepalanya..

Jika ada kesalahan dari yg saya buat, mohon koreksi…

Semoga membantu…

10 Responses to Membuat operasi CRUD pada yii

  1. Pingback: Membuat operasi login, logout dan register pada yii « Sabitlabscode

  2. Ditz Isty says:

    gan inikan aku baru ingin mencoba belajar Yii mohon bimbingannya y gan..

  3. Oga says:

    kalo bnyak gpp yah gan ? ane newbi bgt😀

  4. Oga says:

    gan punya contoh aplikasi crud sederhana nya ga ?😀
    ngikutin modul masih belum ngerti juga hehe

    makasih

  5. coba lihat di ebook saya gan, ada contoh aplikasi yang cukup lengkap disana..

    Kunjungi Juga Farifam.com untuk tutorial dan forum Yii Framework yang direspon lebih cepat dari di blog ini..

  6. Gan, ane lagi mw nyoba Yii nih, mohon bimbingannya, cos ane masih gelap banget tentang Yii, baru bisa instal doang..

  7. samsulhudi says:

    Maaf mas ebooknya sulit dipahami bagi yang masih mohon revisinya mas biar orang awam atau masih baru bisa memahami makna dari ebook yang mas buat. TRIMS ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: